Dugaan kasus korupsi AlQuran Wakil Menag di Periksa KPK

image

JAKARTA-KSR.com: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Alquran di Kementerian Agama.

"Setelah pemeriksaan saksi-saksi cukup, recananya nanti akan kami panggil yang bersangkutan," kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, Selasa (18/7). Ia tidak merinci kapan Nazaruddin akan dipanggil.

Busyro memberi sinyal pemanggilan Nazaruddin akan menjadi pintu masuk bagi KPK untuk menjerat pihak lain dalam kasus ini, termasuk pejabat Kemenag ataupun dari anggota DPR. Kata Busyro, KPK mengendus adanya permainan anggaran dalam proyek ini.

"Terkait pengadaan penggandaan Al-Quran, mungkin ada penggelembungan (anggaran)," kata dia.

Busyro pun tidak menutup peluang untuk memanggil sejumlah politisi yang diduga ikut bermain dalam proyek tersebut. Namun, jelas dia, KPK akan mendalami kesaksian sejumlah pihak untuk memperoleh gambaran yang lebih luas terkait kasus ini.

"Prinsipnya kan kebenaran materi."

Proyek pengadaan Al-Quran ini menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2011. Proyek ini ditangani oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam yang kala itu dipimpin oleh Nazaruddin.

Selain Zulkarnaen Djabar, kasus ini diduga melibatkan sejumlah politisi. Busyro menegaskan tidak menutup akan membidik politisi lain. Namun, kata dia, "Itu akan ditentukan dari hasil pemeriksaan saksi-saksi." .tim.

Fri, 20 Jul 2012 @16:18