RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

MITRA
image

ANGKRINGAN NAMBAH TERUS SEMARANG

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG GAYENG 2018

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
Adv
image
PT ANGKASA KARYA ENERGI transporter PERTAMINA industri melayani pemesanan bio solar industri / jasa transporter ke perushaan anda .
HOBY
image

Komunitas Mobil Nyemek X Gang

MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

Petani Singkong "DEWO" Dapat Permodalan Dari Bank Jateng

Magelang,KSR.COM _Petani Singkong ‘Dewo’ Kabupaten Magelang akan dibantu Bank Jateng melalui Kredit modal usaha. Untuk membantu permodalan petani, Koperasi Serba Usaha “Berkah Baru” menjalin kerja sama dengan Bank Jateng. Bank Jateng nantinya akan menyediakan kredit modal usaha.

"Kami sudah bicara dengan pimpinan Bank Jateng dan mereka siap mengucurkan dana kredit modal usaha," kata Direktur KSU “Berkah Baru” Zainal Sholikin di sela-sela launching Program Kemitraan Budidaya “Singkong Dewo”, Sabtu (30/6).

Koperasi Serba Usaha (KSU) Berkah Baru Kabupaten Magelang akan memperluas lahan penanaman singkong Dewo sampai 7.000 hektare. Lahan seluas itu ditargetkan akan tercapai sampai akhir tahun 2012 ini.

Ekspansi besar-besaran ini dilakukan mengingat pesana singkong Dewo dari luar negeri belum terpenuhi. Dari permintaan sebesar 10.000 ton per tahun, Berkah Baru baru bisa memenuhi sebagian saja.

"Tahun ini kami harapkan bisa terealisasi. Singkong ini akan kita kembangkan tidak hanya di Magelang namun juga di sejumlah wilayah di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Zainal Sholikin.

Zainal mengatakan untuk Kabupaten Magelang pihaknya menargetkan lahan seluas 450 hektare, Wonosobo 300 ha, Gunungkidul 3.000 ha, Bantul 600 ha dan beberapa di Pati, Blora, Jember dan lainnya. Sisanya akan diusahakan bisa dipenuhi petani dari Jawa Timur.

Produksi singkong nantinya akan diekspor ke mancanegara seperti China dan Taiwan. Program ini diharapkan akan bisa meningkatkan kesejahteraan petani khususnya petani yang menanam ‘Singkong Dewo'.

Dikatakan keuntungan bertani singkong Dewo rata-rata mencapai sekitar Rp 45 hingga Rp 50 juta per hektare per tahun. "Keuntungan petani ini riil. Hitung saja, jika satu hektar rata-rata menghasilkan 150 ton. Jika harga per kg Rp 1000 saja, maka uang yang didapat Rp 150 juta. Dengan modal Rp 30 juta, maka petani akan mendapatkan keuntungan bersih Rp 45-50 juta," ungkap dia.

Untuk membantu permodalan petani, Berkah Baru menjalin kerja sama dengan Bank Jateng. Bank Jateng nantinya akan menyediakan kredit modal usaha. "Kami sudah bicara dengan pimpinan Bank Jateng mereka siap mengucurkan dana," kata dia.

Syaratnya, kata dia, petani menyiapkan lahan melalui KSU Berkah Baru. Setelah semua administrasi beres, dana bisa langsung dicairkan lewat Bank Jateng cabang terdekat. Selain itu, kata dia, Berkah Baru juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menanamkan investasi dengan luas lahan minimal 1.000 meter. Dengan besaran investasi hanya Rp 3 juta diyakini akan banyak masyarakat yang berminat.**ANDY

Fri, 6 Jul 2012 @08:40

Copyright © 2019 PCD TECH · All Rights Reserved