RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Nongkrong Bareng Para Pendiri Indonesia Museum Gedung Joang 45

image

Jakarta,KSR.com Nongkrong sambil belajar di Jakarta ? hmmm…pastinya mengasikam . Museum  adalah salah satu jawaban yang pasti bisa menjawab kebutuhan kita untuk dapat menikmati waktu libur sambil mempelajari tonggak sejarah bangsa ini.

“ Membosankan ” atau “Ketinggalan Jaman” adalh kata awal yang sering muncul ketika kata museum muncul. Persepsi salah yang harus dibuang jauh-jauh deh dari pikiran kita, karena banyak museum dulunya menjadi tempat “nongkrong” anak muda dan dijadikan oleh pemuda sebagai tempat lahirnya tonggak sejarah berdirinnya bangsa kita. Sebagai contoh museum Gedung Joang ’45 , adalah satu titik awal gerakan kaum pemuda yang akhirnya “memaksa” Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia .

Pada tahun 1983, seorang pengusaha belanda bernama LC Schomper mendirikan sebuah hotel yang bernama Schomper 1 di daerah menteng raya. Hotel ini dibangun khusus bagi pejabat tinggi belanda, pengusaha asing, dan pejabat pribumi.

Ketika jepang jelajah Indonesia, hotel Schomper dikuasai oleh pemuda Indonesia dan dimulai dijadikan tempat “nongkrong” dan berdiskusi. Kemudian dijadikan asrama dan tempat pendidikan nasionalisme para pemuda Indonesia. Ir. Soekarno, Drs. Mohamad Hatta, Adam Malik, Chaerul Saleh, Ahmad Soebardjo, Sukarni, Wikana, Chairil Anwar, BM Diah, S K Trimmurti dan sejumlah tokoh Indonesia lainnya merupakan tokoh-tokoh yang terlibat dalam pendidikan pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada masa ini hotel Schomper 1kemudian diganti nama menjadi gedung menteng 31.

Seiring perkembangan waktu pada tanggal 19 Agustus 1974, setelah melakukan serangkaian perbaikan dan renovasi, Gedung menteng 31 diresmikan sebagai Musium Joang 45 oleh Presiden Soekarno dan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Setelah tahu sejarahnya, yuk kita ngintip apa saja yang bisa kita lakukan dimusium keren ini. Ini beberapa aktifitas yang ada; Pameran keliling, Penyuluhan Permusiuman , Seminar dan Diskusi, aneka lomba dan festifal workshop / teater anak , pemutaran film perjuangan, pecan museum Joang 45, Nampak tilas proklamasi, wisata sejarah dan masih banyak lagi kita bisa lakukan.

Masalah ketinggal jaman, ga banget deh, disini juga ada ruangan pameran interaktif, Auditorium untuk seminar,Plasa untuk aktifitas outdoor , Bioskop Joang 45, Perpustakaan, Ruang parker, Children room , Cafetaria, Toko Souvenir, Free Wi-fi, aughmented reality dan fasilitas penunjang lainnya yang pasti biat kita betah berlama-lama disana.

Kalau mau kesana jangan lupa jadwalnya dulu,  Waktu buka Selasa s/d minggu jam 09.00 – 15.00 dan sabtu 009.00 – 13.00. kalo masalah harga , dijamin murah banget, tiket masuk perorangan : Dewasa Rp.2000,-, mahasiswa Rp.1000,-, anak-anak Rp.600,-, Rombongan : minimal 20 orang, dewasa Rp.1500,-,mahasiswa Rp.750,-, anak-anak Rp.500,-.

Meliha realita sekarang para pemuda di Indonesia masih banyak yang kurang berminat untuk pergi ke museum – museum untuk mengenal sejarah, maka dari itu sikap-sikap nasionalisme untuk para pemuda masih kurang “ujar mas Bayu selaku divisi akademik di museum Joang 45. “Harapan kedepannya semoga para pemuda di Indonesia jangan sampai lupa akan sejarah dan juga sikap nasionalisme harus dibangun sejak dini” imbuhnya lagi.

Pemuda identik dengan perjuangan kamum militan, tampa harta apalagi ambisi pribadi dan hanya satu tujuan, hidup bermartabat atau tidak mati sebagai manusia merdeka. Inilah yang tercetus dalam “tongkrongan” pemuda menteng 31 pada masa perjuangan kemerdekaan.

Jadi kaluau ingin cari tempat “nongkrong” yang sama dengan pendiri Negara kita datang deh kemari, dijamin manfatnya banyak. Siapa tahu, dengan nongkrong disini semangat kita sebagai anak muda untuk melakukan perubahan positif di Indonesia bangkit.

Sat, 2 Jun 2012 @17:24

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved