RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

MITRA
image

ANGKRINGAN NAMBAH TERUS SEMARANG

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG GAYENG 2018

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip

MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY
image

SINGOTORO JEEP CLUB

Dana Hibah Jateng, Alokasi Terbesar Untuk BOS

Semarang,KSR.COM _ Alokasi Dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2012 berjumlah Rp 3,245 triliun, mayoritas merupakan dana Bantuan Operasional Sekolah (B0S) sekitar Rp 2,834 triliun bersumber dari APBN dibagikan ke sejumlah lembaga pendidikan di kabupaten/kota se-Jateng.

“Sesuai peraturan menteri keuangan (Permenkeu) dimana dana BOS pada tahun ini harus melalui provinsi. Sementara sisanya sekitar Rp 411 miliar merupakan dana hibah, termasuk bantuan sosial (Bansos),” kata Sekda Jateng Hadi Prabowo, kemarin.

Menurut Hadi Prabowo, dana BOS tahun ini sedikit menurun dibanding tahun 2011 lalu. Sebab dana BOS tahun 2012 hanya sekitar Rp 411 miliar, sedangkan tahun lalu sebesar Rp 504 miliar.

“Pengurangan itu merupakan instruksi dari pusat sebai bentuk wujud efisensi karena pada tahun 2011, penyerapan dana hibah dan dana bantuan sosial (bansos) hanya 90% dari alokasi,” ujarnya.

Hadi Prabowo menambahkan, dana hibah ke beberapa lembaga non pemerintah tidak perlu dipersoalkan. Sebab besar kecilnya alokasi bergantung pada tingkat kebutuhan.

Misalnya lanjut dia, perbedaan anggaran untuk Sam Poo Kong dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), karena anggaran Sam Poo Kong lebih besar karena kelenteng tersebut merupakan salah satu objek wisata religi yang masih terus dikembangkan untuk mendukung destinasi wisata.

“Tolong perbandingan antara keduanya, hati-hati dalam membahasnya. Sebab, kalau salah pemahaman, bisa menjadi isu agama. MAJT anggarannya lebih rendah karena, secara kelembagaan sekarang, sudah lebih mapan (fisiknya) sehingga kita bantu biaya operasionalnya saja,” terangnya.

“Dengan kantor itu, maka KNPI sendiri mampu memberikan tempat yang memadai saat melakukan pembinaan kepada sejumlah OKP (Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda) dibawahnya,” katanya.

Khusus untuk KNPI, karena sudah mampu memberikan tempat yang memadai saat melakukan pembinaan kepada sejumlah OKP (Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda) dibawahnya, pemprov Jateng sudah mengalokasikan dana hibah. Namun tidak berarti pencairan dana hibah itu bisa sembarangan. Sebab, gubernur memberi warning untuk tidak dicairkan jika syarat-syaratnya belum dipenuhi. **AND

Mon, 28 May 2012 @08:37

Copyright © 2019 PCD TECH · All Rights Reserved