RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

MITRA
image

ANGKRINGAN NAMBAH TERUS SEMARANG

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG GAYENG 2018

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip

MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY
image

SINGOTORO JEEP CLUB

Gubernur Resmikan Apex BPR Bank Jateng

image

Semarang,KSR.COM_ Secara resmi Bank Jateng beroperasi menjadi bank pelindung atau Apex bank, guna mendorong Bank Perkreditan Rakyat di provinsi ini agar mampu meningkatkan daya saingnya dengan bank umum yang mulai merambah pembiayaan di sektor ritel. Peresmian Apex BPR Bank Jateng itu, dilakukan oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo, sehingga diharapkan ke depan kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) akan semakin meningkat dan mampu meningkatkan daya saing dengan bank umum.

Deputy Gubernur Bank Indonesia (BI) Bidang Pengawasan Halim Alamsyah melalui Pemimpin Bank Indonesia Semarang Joni Swastanto mengatakan di tengah ketatnya persaingan pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), BPR harus meningkatkan kualitas permodalannya.

Pentingnya Apex bank , lanjutnya, bagi BPR, karena selama ini BPR memiliki keterbatasn dalam penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), berbeda dengan bank umum , sehingga melalui sinergi Apex bank , dapat mengoptimalisasi kerja sama yang berkaitan dengan kekuatan keuangan.

“Untuk itu diperlukan sebuah bank pengayom atau bank induk untuk meningkatkan kinerja BPR dan Apex bank kini sudah terwujud,” ujarnya pada ‘Launching Apex BPR Bank Jateng hari ini.

Selain permodalan, sinergitas itu mampu mendorong BPR untuk mendapatkan keuntungan tambahan, di antaranya tranfer pengetahuan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD), memanfaatkan jaringan Anjungan Tunia Mandiri (ATM) dari BPD yang menjadi Apex bank.

“Secara nasional hingga saat ini terdapat sebanyak 121 bank umum dengan 14.299 jaringan kantor, dan 1.683 BPR dengan 4122 jaringan kantor. Jumlah ini ternyata belum mampu menjaring nasabah hingga ke pedesaan,” ujarnya.

Kondisi itu, diharapkan akan berkurang, mengingat peran BPR bakal meningkat dan mampu melayani nasabah hingga di pedesaan, setelah mereka sinergi dengan Apex Bank . Saat ini porsi penyaluran kredit atau pembiayaan bank kepada UMKM yang dilayani BPD hanya sebesar 8% dan BPR sekitar 5%.

“Peningkatan porsi pembiayaan BPD itu masih bisa dioptimalkan, mengingat Loan to Deposit Ratio (LDR) BPD baru sebesar 69,7% atau lebih kecil dibanding LDR bank umum lainnya yang mencapai 70%, serta besarnya penempatan dana BPD pada BI telah mencapai Rp8,2 triliun,” tuturnya.

Kinerja BPD itu, lanjutnya, juga bakal mendukung Apex Bank sebagai infrastruktur penting bagi BPR dalam meningkatkan daya saingnya, terutama dalam kekuatan modal pembiayaan UMKM.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perhimpunan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto mengatakan Apex BPR Bank Jateng merupakan Apex bank kelima di Indonesia, setelah Riau, Kalimnatan, DKI Jakarta dan Jatim.

“Kami sementara ini memilih bekerja sama dengan BPD, karenan selain ada persamaan visi dan misi, juga secara geografis memilki kedekatan antara BPD dan BPR,” tuturnya.

Selain itu, BPD juga mulai serius memfokuskan dalam pembiayaan sektor ritel, terutama pada UMKM, sejalan degan BPR yang selama ini merupakan bank yang memiliki pasar utama UMKM, jadi sangat strategis sinergitas pada Apex Bank itu.

Dia menambahkan ke depan tidak menutup kemungkinan pembentukan Apex bank dapat bekerja sama dengan bank umum yang memiliki kesamaaan tujuan.

Ketua Perbarindo Jateng Arief Budiarto mengatakan dari sebanyak 263 BPR di Jateng, saat ini 217 BPR di antaranya sudah menjadi anggota Apex Bank.

“Jumlah anggota Apex Bank itu sudah cukup bagus dan diharapkan pada 2012 seluruh BPR dapat ikut bergabung paling tidak bisa mencapai 95% dari total anggota Perbarindo,” ujarnya.

Direktur Utama Bank Jateng Haryono mengatakan BPR di Jateng yang masuk dalam Apex bank ini sudah cukup bagus, bahkan melebihi Apex bank di Jatim yang hanya sekitar 150 BPR.

Menurutnya, jumlah BPR anggota Apex BPR Bank Jateng sebanyak itu, sudah melebih rencana awal pembentukan Apex Bank yang semula hanya 100 BPRdan bagi BPR yang belum bergabung itu diharap segera menyusul.**ANDY

 

Thu, 22 Mar 2012 @08:15

Copyright © 2019 PCD TECH · All Rights Reserved