RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Walikota Semarang Layak Jadi Tersangka

image

Semarang ,KSR.COM_Walikota Semarang Soemarmo HS layak dijadikan tersangka terkait kasus suap Sekretaris Daerah Kota Semarang terkait dengan pengesahan RAPBD Tahun Anggaran 2012. Beberapa kelompok gerakan anti korupsi khususnya LSM Gempar terus mendesak agar KPK menjadikan Soemarmo jadi tersanga.

Dalam sidang Tipikor yang dipimpin hakim ketua Ifa Sudewi, Soemarmo membantah keterlibatan dirinya dalam perkara suap tersebut. Ia menjelaskan bahwa pertemuan-pertemuan di beberapa tempat yang dihadiri terdakwa Akhmat Zaenuri, Agung Purno Sarjono, Sumartono, dan sejumlah kepala dinas tidak membahas pemberian suap kepada anggota dewan.

Bahkan walikota membantah jika dia tidak memberi perintah terhadap Sekda Akhmat Zaenuri dan bawahannya untuk menyuap anggota DPRD demi kelancaran pembahasan APBD 2012.

Menurut ketua LSM Gempar  Widjayanto, bahwa jawaban Soemarmo dalam persidangan berbelit-belit juga terkesan banyak yang tidak masuk akal. “Masak sebagai walikota mengatakan banyak gak taunya dan bahkan menyatakan lupa,” ujarnya Kemarin.

Widjayanto menambahkan, semua kesaksian yang disampaikan oleh Soemarmo adalah bagian daripada upaya agar dia tidak terjerat hukum. Meski pun petunjuk adanya keterlibatannya kan dapat dibaca dari transkrip percakapan dia dengan Agung Purno ada di tangan KPK.

“Berbicara hukum, meskipun rekaman pembicaraan itu bukanlah merupakan alat bukti, akan tetapi itu semua dapat dijadikan pertimbangan oleh hakim berdasarkan keyakinannya. Soemarmo mau mengaku atau tidak bukan lah menjadikan hambatan KPK untuk menguak keterlibatannya,” ungkap Widjayanto.

Sebab dukungan adanya kesaksian yang dituangkan dalam BAP lebih dari satu orang saksi adalah merupakan alat bukti, kalaupun hasil  rekronstruksi dan kesaksian disangkalnya bukanlah berarti menjadi kendala untuk meningkatkan status Soemarmo menjadi tersangka.

Biar pun Soemarno ingkar dalam kesaksiannya, jangan lupa bahwa hotel Novotel ada CCTV nya, dan itu saya kira sudah pasti dikuasai KPK. Apa bedanya dengan penerapan hukum yang dialami Antasari? Hanya dengan berdasarkan "katanya" perkara yang dituduhkan padanya sudah dinyatakan mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Kami minta KPK jangan ledha ledhe , status tersangka layak disandang Soemarmo,” tegas Widjayanto . (TIM)

Mon, 12 Mar 2012 @08:31

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved