RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Pendidikan Anak Usia Dini Adalah Pondasi Untuk Perkembangan Anak

image

Semarang,KSR.COM _ Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

            Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk penyele nggara pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, datya cipta, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

            Usia dini merupakan sasaran akhir program pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah 0-6 tahun. Untuk mencapai sasaran akhir ini diperlukan sasaran lain : orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun. Pendidikan dan pengelola lembaga pendidikan anak usia dini lembaga /masyarakat yang menyelenggarakan PAUD.

            Beberapa metode yang bisa digunakan oleh tenaga pendidika dalam proses pembelajaran dengan bermain bagi anak usia dini antara lain.

  1. Bercerita
  2. Praktek
  3. Drama / Bermain Peran
  4. Field Visit
  5. Diskusi
  6. Bernyanyi
  7. Bermain Terbimbing
  8. Bermain Bebas

Kegiatan anak usia dini dikelompokan menjadi 2 kelompok besar yaitu :

Untuk anak usia 0-2 tahun stimulasi dilakukan oleh orang tua dengan memilihkan jenis dan alat permainan yang disukai anaknya sendiri dalam bimbingan kader dengan konsep pengasuh bersama.

            Untuk anak usia 2-6 tahun stimulasi dilakukan oleh kader, orang tua di minta menyaksikan, mereka di kelompokan menurut usia. Setiap kelompok di bimbing oleh kader. Konsep sederhananya bermain bersama. Bagaimanapun peranan dalam mendidik anak yang terpenting  adalah dalam lingkungan rumah / orang tua terutama dalam pengembangan moral agama dan budi pekerti yang dibina oleh orang tua dirumah. Hal itu akan menjiwai keseluruhan proses peningkatan lainnya, demi anak kita generasi penerus bangsa. **ANDI SN

     

Mon, 3 Oct 2011 @06:51

Copyright © 2014 PCD TECH · All Rights Reserved