RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Jangan Paksa Anak Pintar Membaca

image

Semarang, KSR.COM_USIA anak PAUD dan TK merupakan masa-masa untuk bermain. Pada masa ini sepatutnya mereka tidak dipaksa untuk terampil membaca dan berhitung, karena hal itu akan menekan kerja otak mereka.

Demikian wanti-wanti Ketua Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Jawa Tengah, Suliyem dalam diskusi “Sosialisasi Program Paudisasi di Jawa Tengah, di Aula Disdik Jateng, Kamis (29/9). Orientasi pembelajaran membaca dan berhitung, lanjut Suliyem, harus sebatas pengenalan huruf dan angka saja.

“Anak PAUD dan TK hanya boleh dikenalkan konsep, huruf, lambang dan angka. Jadi keliru kalau anak TK harus sudah bisa membaca,” kata Suliyem.

Untuk PAUD sendiri, dikatakannya, saat ini tengah menjadi gerakan nasional yang dicanangkan pemerintah. Pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 83 miliar untuk pengembangan PAUD di seluruh Indonesia, diantaranya peningkatan kualitas sekolah dan peningkatan kualitas guru. “Sepengetahuan saya, Jawa Tengah sendiri mendapat jatah alokasi sebesar Rp 10 miliar,” bebernya.

Pendidikan Karakter

Senada, Ketua Himpunan PAUD Indonesia (Himpaudi) Jateng, Nila Kusumaningtyas, mengatakan, pendidikan karakter juga harus sudah diberikan pada anak usia PAUD dan TK. Di sekolah, siswa harus mulai diajari tentang pengembangan kemampuan dasar yang mencakup nilai, moral, sosial, emosiaonal, dan kognitif. “Sehingga, siswa bisa mengerti secara perlahan-lahan tanpa ada pemaksaan untuk bisa membaca atau berhitung,” cetusnya.

Selain itu, pemahaman orangtua tentang pemberian pendidikan formal kepada anak usia PAUD dan TK juga perlu dibangun supaya anak-anak bisa berkembang maksimal.**TIM

Fri, 30 Sep 2011 @00:10

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved