Petani Tembakau Rapatkan Barisan Demo Menuju Istana

image

Temanggung KSR.Com - Ribuan petani tembakau di temanggung rencananya  berangkat  di jakarta dalam rangka menggelar dan merapatkan barisan  demo menuju istana negara, akan tetapi Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo. SH. MIP.  Berusaha meredam emosi para petani dan menggagalkan rencana tersebut.


Ganjar berharap semua ini bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Wis to manut karo aku (percaya sama saya),  mengko aku sing ngurus kuwi ( nanti itu saya yang akan menyelesaikan). 
Sampean ora usah mangkat jakarta, ora perlu demo. ( semua petani tidak usah untuk berangkat ke jakarta demo) Biar nanti saya selesaikan sendiri.  Setuju mboten (sepakat apa tidak) kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (26/8/20).

Hal ini disampaikan dalam kunjungannya di Temanggung, Adapun rencana para petani ke  jakarta untuk menuntut pemerintah agar memperlakukan peraturan pembatasan importasi tembakau dan meningkatkan pembelian tembakau nasional.  Mereka petani menuntut pemerintah agar tidak manaikkan cukai rokok karena sangat berdampak buruk pada nasib petani tembakau imbuhnya.

Merespon hal ini,  Ganjar mengatakan sudah memahami terkait  persoalan yang terjadi dengan para petani tembakau sendiri di tengah perjalanan menuju kelokasi. Ganjar bahkan sudah komunikasi dirinya dengan Menteri Pertanian terkait adanya tuntutan para petani. Saya berusaha untuk bergerak semampu saya dalam persoalan ini. 

Lagi saya sudah mencoba WA pada Pak. Menteri, namun belum ada jawaban mungkin beliaunya sedang lagi sibuk. Namun intinya mengarahkan petani ora usah demolah, sampean ini mending ning omah wahe (lebih baik semua dirumah saja), umpomo aku iki ora iso ngerampungke,.monggo budal (jika saya tidak bisa menyelesaikan persoalan itu silahkan berangkat demo). Jelasnya.
Ganjar menjelaskan dirinya sengaja ditemanggung  mau bertemu para petani  yang rencananya melakukan  aksi demo. Ia berharap meminta  petani tidak  demo dan membiarkan dirinya yang bekerja dan menyampaikan aspirasinya menuntut petani tembakau pada pemerintah pusat. 

Saya mengatakan jangan demo, melalui teman serta saudara yang petani ini,  saya berharap mohon kepada Bapak Menteri Pertanian, ini pada teman petani meminta agar pembatasan importasi tembakau segera dilaksanakan dieksekusi oleh karenanya ini sudah begitu lama sekali dan mereka menunggu dalam waktu yang lama katanya.  Terkait persoalan ini,  Ganjar meminta agar pemerintah bisa untuk melindungi dan mengayomi petani lokal dibanding impor dari luar negeri dan keputusan pembatasan importasi segera dilaksanakan secepatnya.

Sementara dalam suatu pertemuan yang dilakukan disalah satu gudang tembakau di Temanggung, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Parmudji menyampaikan aksi demo sudah siap direncanakan sejak seminggu yang baru lalu.  Sebanyak sekitar seribu orang lebih para petani tambakau yg akan berangkat ke jakarta. Tuntutan kami bersama teman teman agar pemerintah tetap melindungi para petani dengan regulasi yang berpihak pada petani nasional imbuhnya. Menurut Agus,  selama ini regulasi pusat tidak berpihak pada petani, khususnya pada petani tembakau.
Meski regulasi pembatasan impor sudah dibuat aturannya. Akan tetapi sama sekali belum dilaksanakan hingga sampai saat ini. Belum lagi kami mendengar adanya revisi terkait peraturan sebagai mana yang kami nilai semakin menyulitkan dan menyusahkan petani.
Maka kami sepakat berangkat melakukan aksi ke jakarta untuk mengelilingi istana. katanya.  Lebih lanjut Agus menjelaskan ketidak pastian itu membuat para petani tembakau sangat kawatir kalo peristiwa tahun lalu terjadi lagi disaat petani sedang panen raya, pemerintah justru mengumumkan kenaikan cukai rokok.

Dengan pengalaman tahun kemari jangan sampai terulang di tahun ini.  Tahun lalu kebetulan panen, Pemerintah menaikkan cukai rokok sehingga otomatis berdampak pada pembelian perusahaan terhadap tembakau petani.

Kami tidak menginginkan insiden semacam itu bisa terulang kembali dengan ketidak jelasan mengenai regulasi saat ini imbuhnya Usai ketemu Ganjar, Agus mengatakan APTI sepakat menunda aksi demo menyerahkan dan menyampaikan aspirasi kepada Ganjar agar disampaikan pada pemerintah yang di pusat.  Barusan saya telah menghubungi teman provinsi lainnya,  semua sepakat menunda  aksi demo ada kabar lebih lanjut dari bapak gubernur,katanya.Dalam kunjungannya di Temanggung, Ganjar berkunjung kedua kantor perwakilan pabrik rokok yang terbesar, yaitu PT Gudang Garam dan PT. Djarum.  (Team KSR)

Sat, 29 Aug 2020 @14:39


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar