RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Pemkot Magelang Luncurkan Mobil Toilet Keliling

image

Magelang, KSR.COM - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, meluncurkan pengoperasian mobil toilet keliling untuk melayani masyarakat, khususnya saat penyelenggaraan berbagai kegiatan umum di kota setempat, Selasa.

Peluncuran layanan tersebut dilaksanakan di halaman belakang Kantor Pemkot Magelang oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito yang antara lain dihadiri Wakil Wali Kota Windari Agustina, Sekretaris Daerah Sugiharto dan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota Arif Barata Sakti.

"Pemanfaatan mobil toilet keliling itu, juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mendidik masyarakat membiasakan hidup bersih dan sehat dan mewujudkan Kota Magelang sebagai 'Kota Cerdas'," kata Wali Kota Sigit Widyonindito.

Ia menjelaskan mobil toilet tersebut akan ditempatkan di lokasi strategis dalam acara-acara kota setempat yang menghadirkan masyarakat umum.

Operasional layanan mobil toilet keliling itu, ujarnya, dikelola secara konsisten.

"Kita lihat ke depan pelaksanaannya. Operasional terutama di tempat-tempat umum yang ramai tapi jauh dari toilet," ujarnya.

Kepala DKPTK Kota Magelang Arif Barata Sakti menjelaskan pemkot melakukan pengadaan satu mobil toilet keliling melalui APBD 2016 senilai Rp185 juta. Dua petugas, yakni sopir dan operator mobil toilet keliling itu, disiapkan oleh DKPTK.

"Sebenarnya sudah lama dipikirkan untuk pengadaannya, karena banyak 'event' di kota ini terutama di alun-alun. Masyarakat menggunakan secara gratis. Penyelenggara kegiatan (Event Organizer) juga bisa menggunakannya untuk kelancaran dan kenyamanan kegiatan," katanya.

Mobil toilet keliling itu, meliputi dua kamar kecil untuk laki-laki dan perempuan, tempat cuci tangan, dan cermin, serta genset. Kapasitas air 200 liter.

"Penggunaannya secara fleksibel," katanya.

Pihaknya masih akan melakukan pengaturan lebih detil terkait dengan pengoperasian mobil toilet keliling dan tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang menambah jumlah kendaraan layanan untuk masyarakat itu.(Edit)

Tue, 11 Oct 2016 @22:11


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+9+9

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved