RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Dra.Hj. Kun Marlina Lubis, M.Pd: Pelajar Wajib Memaknai Sumpah Pemuda

image

KSR.COM _Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita.
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersamasama.
Menurut Ibu Kun, dengan diciptakan Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 silam, bahwasannya bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan, bahasa, suku dan lain sebagainya.
Untuk itu, isi kandungan dari Sumpah Pemuda, sudah menyatukan seluruh eleman masyarakat Indonesia.
“Selanjutnya dimasa kini Sumpah Pemuda bagi para pelajar, bisa dimaknai dengan tidak  tawuran ataupun menggunakan narkoba, karena, perbuatan seperti itu, tidak mencerminkan pelajar dan makna dari Sumpah Pemuda” kata Ibu Kun.
"Dimana saat ini, banyak sekali yang terjadi antar pelajar tawuran dan menggunakan narkoba, saya berharap kedepannya, hal seperti itu tidak terjadi lagi. Seharusnya kita malu dengan para pejuang kita yang telah mengorbankan jiwanya untuk memerdekakan bangsa ini,kalau kita mengisinya dengan perbuatan seperti itu" tambahnya.
Jadi kesadaran sumpah pemuda itu harus menyulut semangat pembaharuan pemuda, tanggap terhadap isu-isu regional, nasional, dan internasional. Semua angan-angan harus diwujudkan dalam sikap, bukan kata-kata atau janji.**ANDI

Tue, 11 Nov 2014 @18:59

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved