RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Demo, Warga Batang Tolak Pembangunan PLTU

image

KSR.COM - Ratusan warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang tergabung dalam Paguyuban Rakyat Batang Berjuang untuk Konservasi kembali menggelar aksi damai menolak rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga uap di kawasan konservasi laut daerah Ujungnegoro-Roban.

Dalam aksi damai itu, selain menolak pembangunan PLTU, mereka juga menuntut pembebasan lima warga Batang yang ditahan di sel tahanan Mapolda Jateng.

Saat berunjuk rasa di Mapolda Jateng, ratusan warga menuntut pembebasan lima warga Batang yang ditahan. Beberapa dari warga ada yang membawa kayu nisan bertuliskan ‘keadilan’ dan karangan bunga kematian dengan tulisan “Turut Berduka Cita Bagi Matinya Keadilan Untuk Lima Warga Batang Pejuang Lingkungan Penolak PLTU”.

Kasmir salah seorang warga Batang mengatakan, bahwa seluruh warga di desa setempat menolak keras rencana pembangunan PLTU. Rencana pembangunan PLTU harus dihentikan karena kami menolak desa kami dijadikan lokasi proyek PLTU batubara.

“Kami meminta kepada Pemprov Jateng agar memperhatikan dan mendukung perjuangan warga Batang,” tegasnya.

Punya Hak

Sementara staf LBH Semarang, Wahyu Nandang Herawan mengatakan, warga Batang mempunyai hak untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan layak sesuai Undang-undang Nomor 23 tahun 2007 tentang pengelolaan lingkungan hidup.

“Baik warga Batang yang saat ini menjadi korban kriminalisasi dan ditahan di Mapolda serta yang berunjuk rasa menolak rencana pembangunan PLTU mempunyai hak itu,” jelasnya.

Menurutnya, terkait dengan adanya penolakan warga Batang, seharusnya Gubernur Jateng menurunkan tim untuk mengkaji di lapangan serta memindahkan lokasi pembangunan PLTU ke daerah lain.

Jika investor dan pemerintah tetap melanjutkan rencana pembangunan PLTU Batang, lanjutnya, akan memicu terjadinya dampak-dampak lingkungan dan sosial ekonomi yang mengancam warga sekitar lokasi proyek.

“Untuk itu kami menuntut secara tegas agar lima warga Batang yang ditahan di Mapolda Jateng segera dibebaskan dan rencana pembangunan PLTU Batang dibatalkan,” tegasnya.

Terkait dengan tuntutan dibebaskannya lima warga Batang yang ditahan di Mapolda Jateng, sebanyak 15 warga setempat telah melakukan aksi mogok makan sejak Senin (5/11) hingga hari ini dengan mendirikan beberapa tenda di sekitar Jalan Pahlawan Semarang.

Aksi damai ratusan warga Batang di Kantor DPRD dan Mapolda Jateng di Jalan Pahlawan Semarang mendapat pengamanan ketat dari polisi.(des/mel)

Fri, 9 Nov 2012 @19:18

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved