RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG 2013

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY

SINGOTORO JEEP CLUB

Curah Hujan Tinggi ,Daya Tampung Drainase Belum Optimal

Kota Baru , KSR.COM - Hujan yang terjadi Rabu  (31/10) mulai jam 08:00 - 11:00 Wita menyisakan genangan air di sebagian Jalan Vetran dan Jalan Yakut perkantoran Dinas Pertanian,Kantor Ketahanan pangan,Kantor Depag sampai dimuka Kantor Dinas Peternakan ,jani warga Jalan Yakut mengaku sudah sepuluh tahun menyaksikan genangan air menutupi jalanan” sekitar sini (Jl Yakut dan Jl Mutiara)“apabila hujan lebat air naik sampai kejalanan , .ungkapnya.

Senada dengan itu imah warga jalan mutiara mengatakan apabila hujan turun ,air dari selokan meluap sampai ke jalan “ genangan air nya sampai menutupi jalan” kata dia, sungai disini dangkal (sei.samping masjid dekat kantor DISOSNAKERTRANS), rumah penduduk dibangun di aliran sungai , dan banyak sampah dari bawah rumah menghambat kelancaran air hujan mengalir.ungkapnya.

Kabid pengembangan penyehatan lingkungan pemukiman , M.Abdillah,SKM,MAP mengakui ada air menggenang dibeberapa tempat setelah terjadi hujan (31/10), menurutnya disebabkan oleh curah hujan tinggi ,daya tampung  drainase  Belum optimal , terjadi pedangkalan tanah,sampah menumpuk , peran serta masyarakat kurang , membuang sampah dikolong rumah ,sungai dimasuki bangunan  tingkat 3 sampai 4 , tanahnya diuruk ‘ penerbitan IMB ‘ seharusnya setelah mendapat rekomendasi kami (pihaknya dalam hal teknis tidak pernah dilibatkan ), sedangkan jalan poros yang kita miliki Cuma satu dan tidak bisa dilebarkan lagi. kata Abdillah

Dinas cipta karya baru tahun 2012 menangani Drainase, sebelumnya Dinas Binamarga dan SDA yang menangani.ungkap Abdillah

Menurutnya , di Tahun 2013 kami sudah melibatkan pakar-pakar dalam penanggulangan optimalisasi Dreianase,  sudah mempersiapkan pembenahan,,dialokasikan Anggaran APBD dan APBD untuk optimalisasi Derainase.tapi tidak semua wilayah bisa ditangani , apabila curah hujan tinggi beransur-ansur dari pagi sampai sore kemungkinan kejadian serupa akan terulang. Kata Abdillah.

Abdillah menambahkan , Dalam waktu dekat sekitar bulan  oktober/nopember 2012 , kami akan mengundang kepala Desa Se Kotabaru dalam rangka sosialisi penanganan sampah (salah satu penyebab genangan air di jalan), Program penanggulangan sampah  Dinas Cipta Karya pemukiman akan menyiapkan tosa (untuk mengangkut sampah dari pemukiman warga) yang dikelola per RT . sampah dari warga yang diangkut dengan TOSA kemudian ditampung dikonteiner yang ditempatkan dibeberapa titik perzona , setelah itu sampah langsung diangkut kesebelimbingan.

Tiga bulan lalu sudah ada simulasi untuk pengangkutan sampah dari pemukiman warga , diberikan 5 buah tosa diantaranya kelurahan Kotabaru hulu,komplek Polres Kotabaru,Jl.karya utama,kelurahan kotabaru tengah dan desa rampa , diharafkan dengan cara ini dapat menanggulangi tumpukan sampah di pemukiman warga..pungkasnya (IH/Her)

 

Sat, 3 Nov 2012 @15:50

Copyright © 2017 PCD TECH · All Rights Reserved