RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

MITRA
image

ANGKRINGAN NAMBAH TERUS SEMARANG

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG GAYENG 2018

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip

MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

HOBBY
image

SINGOTORO JEEP CLUB

15,7 Triliun Kredit Telah Disalurkan Bank Jateng

image

SEMARANG, KSR.COM_ Aset Apex Bank Perkereditan Rakyat (BPR) Bank Jateng mencapai Rp 28,2 triliun, dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) Rp 25,3 triliun, dan kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp 15,7 triliun.

Menurut Direktur Pemasaran Bank Jateng Joko Sambodo, yang disampaikan dalam acara Halalbihalal Apex BPR Bank Jateng, di Gedung Grinata lantai 7 Bank Jateng, Jalan Pemuda Semarang, baru-baru ini.

Menurut Joko, melihat potensi tersebut BPR diharapkan mampu memanfaatkan peluang keberadaan Apex BPR Bank Jateng, sebagai bank yang ditunjuk untuk mengayomi Bank BPR.

Karena Bank Jateng, kata Joko, menyediakan fasilitas pendanaan jangka pendek, pinjaman modal kerja dalam linkage program, dan transfer dana antarbank melalui kliring di luar Bank Indonesia.

“Bank Jateng memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada BPR anggota Apex untuk dapat memanfaatkan fasilitas dari produk-produk Apex, yakni poolling of funds, financial assistance, dan technical assistance,” kata Joko.

Dukung Program Apex

Wakil Kepala Kanwil Bank Indonesia Wilayah V Dewi Susanti menyampaikan bahwa, Bank Indonesia sebagai lembaga yang ikut membantu lahirnya lembaga Apex BPR Bank Jateng, sangat mendukung program-program Apex.

Menurut Susanti, Jawa Tengah sebagai sentral UMKM, sehingga sangat membutuhkan dukungan BPR dalam memperoleh pembiayaan kredit.

“Kehadiran Bank Jateng sebagai Apex BPR diharapkan dapat meningkatkan fungsi intermediasi BPR melalui produk-produk Apex yaitu fasilitas dana bergulir, mismatch, dan kredit linkage yang diberikan kepada BPR, untuk disalurkan kembali kepada sektor UMKM. Peran BPR sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pembiayaan kredit mikro,” kata Susanti.

Sementara itu, Ketua DPD Perbarindo Jateng Arief Budiarto, sebaiknya BPR semaksimal mungkin memanfaatkan fasilitas Bank Jateng untuk mengembangkan BPR dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan Apex.

Selama ini, BPR anggota Apex melakukan penghimpunan dana di Bank Jateng. Simpanan tersebut bisa digunakan sebagai pinjaman oleh anggota Apex yang membutuhkan penguatan dana untuk penyaluran kredit.

Dengan dana dari para anggota tersebut, diharapkan likuiditas BPR lebih kuat. BPR yang kekurangan dana, bisa minta ke Apex.

Selain fasilitas pendanaan jangka pendek, BPR bisa mendapatkan fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM) dan transfer dana melalui sistem bank induk atau Apex. Bahkan nasabah BPR juga bisa melakukan transfer dana antar bank lewat fasilitas kliring yang dilakukan oleh bank induknya.

“Bagi BPR yang belum menjadi anggota Apex, diharapkan agar segera bergabung menjadi anggota Apex BPR Bank Jateng,” ujar Arief.**

Thu, 13 Sep 2012 @04:03

Copyright © 2019 PCD TECH · All Rights Reserved