DPRD SUPAYA MEMINTA BULOG TARIK BERAS RASKIN

image

SOLO KSR.COM- -DPRD Kota Solo meminta Bulog Sub Divre III menarik beras untuk rakyat miskin (Raskin) jatah bulan lalu sebab dinilai tak layak konsumsi.

Permintaan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Solo, Moh Rodhi saat ditemui wartawan, Jumat (3/8/2012). Rodhi mengatakan sangat disayangkan berdasarkan temuan di lapangan Raskin sangat tidak layak konsumsi.

“Awalnya soal Raskin dengan kualitas buruk, banyak kutunya, berasnya apek dan pecah-pecah saya terima dari daerah Gilingan, Banjarsari. Saat itu saya mencoba mengecek riilnya bagaimana dan keluhan yang disampakan warga itu ternyata benar,” ujar Rodhi.

Berawal dari Banjarsari, sambung Rodhi, keluhan lain satu per satu mulai muncul. Keluhan itu muncul dari Serengan kemudian Laweyan. Berdasarkan keluhan yang masuk, imbuh Rodhi, bisa disimpulkan kualitas Raskin di Kota Solo secara menyeluruh kurang baik.

Keberadaan Raskin yang kurang baik, menurut Rodhi, sangat disayangkan. Kesan yang ditangkap warga seolah-olah karena Raskin jatah untuk rakyat miskin maka tidak ada masalah apabila berasnya kurang baik ini, imbuh dia, jelas tidak bisa dibenarkan karena warga miskin bagaimanapun manusia. “Lain kalau sasaran Raskinya bukan manusia, tidak akan menjadi persoalan meski berasnya kurang baik,” kritik Rodhi.

Mengingat panjang dan berbelitnya pengembalian Raskin kepada Bulog, Rodhi meminta Bulog saja yang melakukan penarikan beras yang sudah terlanjur diterima masyarakat secara sistematis. Bukan hanya itu Bulog juga diminta lebih cermat dalam mengawasi kualitas Raskin bulan selanjutnya.

Masih mengenai Raskin komentar senada disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Solo, Dedy Purnomo. “Kualitas Raskin kurang baik di Kota Solo tidak hanya terjadi satu dua kali saja namun sudah berulang kali terjadi. Hal ini tentu amat kami sayangkan,” timbuhnya.(RAN)

Fri, 3 Aug 2012 @19:24